FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP SE-KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2017

Oleh: Aria Pranatha*, Rany Muliany Sudirman**, Nita Novitasari***,


ABSTRACT

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk menilai baik atau buruknya mutu pelayanan keperawatan yang diberikan. Berdasarkan study pendahuluan di dua puskesmas dengan 17 responden mengatakan sebagian besar pasien mengatakan pelayanan baik sehingga pasien merasa puas dan sebagian lainnya mengatakan pelayanan masih harus diperhatikan lagi salah satunya dalam kebersihan toilet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Puskesmas Rawat Inap Se-Kabupaten Kuningan.

Metode: Jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi 714 orang dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling sebanyak 56 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa statistik dilakukan secara univariat menggunakan deskriptif frekuensi dan bivariat dengan menggunakan metode chi square.

Hasil: Hasil menunjukkan pada variabel bebas yaitu (62,5%) perawat baik, (71,4%) perawat handal, (55,4%) perawat cepat tanggap, (57,1%) perawat menjamin informasi, (62,5%) perawat empati, dan (51,8%) pasien merasa puas. Hasil Analisis chi square pada variabel terikat menunjukan variabel kenyataan p-value=0,001, variabel kehandalan p-value=0,002, variable ketanggapan p-value=0,000, variabel jaminan p-value=0,016, dan variabel empati p-value=0,000.

Simpulan: terdapat hubungan yang bermakna antara variabel kenyataan, kehandalan, ketanggapan, jaminan & empati dengan kepuasan pasien. Disarankan pada puskesmas rawat inap yang terkait untuk lebih meningkatkan lagi sarana prasarana dan kualitas pelayanan agar pasien lebih merasa puas.

Kata kunci : Puskesmas, kepuasan pasien, pelayanan keperawatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *