HUT PPNI ke-45 Kab. Kuningan Lahirkan Semangat Persatuan dan Meningkatkan Kepedulian Sosial

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) merupakan organisasi profesi yang terbesar kedua setelah PGRI. Berdasarkan data yang dihimpun oleh bidang organisasi PPNI Kab.Kuningan, Jumlah perawat di tahun 2019 di Kabupaten Kuningan sebanyak 1.263 orang yang tersebar di seluruh rumah sakit pemerintah, swasta dan puskesmas serta klinik.

Di usia PPNI  ke-45 pada tanggal 17 Maret 2019 diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan eksistensi perawat di Masyarakat luas, persatuan dan kesatuan perawat khususnya di Kabupaten Kuningan serta meningkatkan kepedulian sosial terhadap masyarakat.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksana HUT PPNI ke-45 Kabupaten Kuningan, Hj. Tety Rostiana, S.Kep, Ners menyampaikan untuk menmujudkan hal tersebut maka tema tahun ini yaitu “Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat”. Untuk mendukung tema tersebut ada berbagai kegiatan yang sudah kami lakukan dari tanggal 14-16 Maret 2019, diantaranya penyuluhan kesehatan serentak se-Kabupaten Kuningan, skrinning kesehatan bakti sosial khitanan massal 29 anak dan deteksi dini tumbuh kembang.

Adapun Tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk mempererat tali persatuan dan persaudaraan sesama anggota profesi, meningkatkan kompetensi pengetahuan dan ketrampilan sesama anggota profesi serta melaksanakan kegiatan yang bisa langsung menyentuh lapisan masyarakat lewat kegiatan aksi simpatik dan bhakti sosial imbuh ketua panitia.

Begitupula senada disampaikan oleh ketua DPD PPNI Kabupaten Kuningan Ibu Tineke Talib,S.Kep bahwa tema tahun ini ” keluarga dan masyarakat sehat bersama perawat “,  sudah selaras dengan program pemerintah kab.Kuningan dengan dilantiknya Bapak H Acep Purnama, SH., M.H bersama wakil Bupati Ridho Suganda, SH., M.Si pada tanggal 4 desember 2018 yang lalu dengan program Kuningan MAJU MAKMUR PINUNJUL BERBASIS DESA TAHUN 2023. Pemilihan lokasi kec subang sebagai tempat kegiatan baksos  sebagai wujud kepedulian kami perawat dalam menindaklanjuti program pelayanan kesehatan berbasis desa, dimana sejak tahun 2017 PPNI memberikan kontribusi disetiap kegiatan baksos yang diselenggarakan oleh LKKS Kab.Kuningan.

Dalam kesempatan ini juga ketua PPNI Kab.Kuningan  juga mengucapkan terima kasih yang tak terterhingga kepada Ibu Ketua LKKS, bapak camat Subang, muspika, kepala puskesmas Subang, Selajambe, Cilebak, Panitia HUT PPNI, Seluruh anggota PPNI Kab.Kuningan serta seluruh pihak yang sudah membantu sehingga acara hari ini dapat berjalan sesuai harapan.

Rangkaian acara HUT PPNI ke-45 di Kecamatan Subang, pada hari Sabtu tanggal 16 maret 2019 dibuka oleh Ketua LKKS Kabupaten Kuningan, Hj, Ika Acep Purnama, SE dan dihadiri Perwakilan DPW PPNI Jawa Barat dan Kadis Kesehatan yang diwakili Kabid Pelayanan dan SDK, Dewan Pertimbangan PPNI, Pengurus DPD PPNI Kabupaten Kuningan, Camat Subang, DPK PPNI se-Kabupaten Kuningan, Club Nmax Kesehtan, Club X Man serta seluruh anggota PPNI se-Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya ketua LKKS Kabupaten Kuningan Ibu Hj. Ika Rahmatika,SE menyampaikan rasa terima kasihnya atas kontribusi yang sudah diberikan oleh PPNI Kabupaten Kuningan terhadap pemerintah kabupaten Kuningan khususnya dibidang kesehatan dan sosial kemanusian. Beliau berharap semoga persatuan dan kesatuan perawat di Kabupaten Kuningan semakin erat, organisasi PPNI khususnya di kabupaten Kuningan semakin tambah besar dan jaya serta eksistensinya akan semakin terlihat melalui kegiatan-kegiatan kesehatan sosial kemanusian yang dilaksanakan.

         .

 

Aria P–

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *